Akuaponik

Akuaponik saat ini dan saat mendatang akan menjadi solusi terbaik. apalagi jika digabung ke dalam sistem pertanian terpadu. di indonesia Akuaponik sedang dalam masa perkembangan. ada beberapa Forum di Internet yang secara khusus membahas Akuaponik.


saya memang suka sekali Ikan, tidak hanya suka memelihara, tapi suka juga memakannya, he....ikan merupakan lauk favorit hampir semua orang, termasuk saya dan keluarga saya. ikan yang paling enak menurut saya adalah ikan lele, ikan Nila, ikan Emas, dan ikan Uceng, saya sendiri punya Akuaponik khusus ikan Sungai. seneng banget melihat ikan-ikan ini saling berinteraksi satu sama lain. ikan yang paling jahat menurutku Udang, karena Udang sering menangkapi ikan-ikan kecil memakai capitnya.
Akuaponik

kalau tidak ada Akuaponik mungkin aku tidak akan pernah menyukai tanaman. tertarik akan Akuaponik karena ada Simbiosis Mutualisme antara ikan, bakteri, dan tanaman. dan yang sangat menarik dari Akuaponik adalah Bertani tanpa Mencangkul, Memupuk, dan menyiram.

singkat cerita akupun membangun Akuaponik disamping rumah. dengan kolam bekas bak mandi, Filter dari ember, dan 2 buah GrowBad. terlintas dalam benakku kalau sistem ini berhasil akan aku terapkan di Sawah, karena mempunyai area yang lebih luas. dan tentunya mempunyai prospek bisnis.
Akuaponik keduaku
melihat ikan yang berenang-renang dan melihat tumbuhan yang subur dalam satu sistem Akuaponik sangat menyenangkan. bisa sebagai obat penghilang penat dan letih setelah seharian aktivitas di depan Komputer mengetikan Script/kode Program untuk membuat berbagai Aplikasi Mikrokontroler, Komputer, dan Android.
Tanaman Cabe Akuaponiku 
yang sangat menyedihkan adalah tanaman Sawi-sawian, mereka tidak dapat berkembang. suaangat lambat perkembangannya. berbeda dengan Cabe, Kangkung, dan Bawang merah yang aku tanam. menurut pakar tanaman sayuran katanya faktor sinar matahari yang kurang. mengkin pendapat beliau juga ada benarnya, karena Tanaman mendapat sinar matahari Full hanya dari jam 11:00 - 15:30.
Sawi gagal.....sedih.:(
untuk mencegah Clogging atau penyumbatan pada GrowBad saya menerapkan media tanam yang di masukan ke bekas Botol, dan kaleng plastik yang sudah tidak terpakai. aku lubangi bagian bawah dan samping untuk melewatkan air. ini sangat efektif dan tidak perlu melakukan pembersihan, karena memang tidak akan terjadi Clogging.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Filter Kolam Akuaponik

Pengalaman menggunakan Produk Probiotik untuk ikan Lele