APA ITU PERTANIAN TERPADU

Pertanian terpadu adalah sebuah pertanian yang menggabungkan semua unsur pertanian dan saling terkait satu sama lainya. ini adalah solusi terbaik karena hampir tidak ada limbah yang terbuang percuma. sebagai contoh kotoran sapi bisa untuk pupuk, media atau pakan cacing cacing tanah, kemudian cacing tanah menghasilkan kascing untuk pupuk yang lebih baik, dan cacingnya sendiri untuk pakan ikan atau unggas. bisa juga cacing dijual untuk umpan pancing. kotoran unggas dikembalikan lagi ke cacing.

di luar negeri pertanian terpadu model seperti ini sudah menjadi trend. dan kalau diperhatikan hampir semua teknologi di adopsi dari luar negeri. kita sebagai bangsa indonesia tinggal mengembangkan sistem yang sudah ada. kalau bisa menemukan sendiri berarti itu sebuah prestasi yang membanggakan. kita punya lulusan IPB, UGM, dll. mereka sarjana-sarjana pertanian harus mendukung dan mengajak pemerintah untuk menerapkan sistem pertanian terpadu, atau bahasa kerenya Integrated Farming.

APA ITU PERTANIAN TERPADU


pertanian terpadu bisa di buat dalam sekala kecil, sedang, dan besar. menyesuaikan luas lahan. untuk sekala kecil cocok untuk rumah tangga. untuk sekala sedang dan besar bisa menghasilkan lebih banyak produk pangan. untuk sekala besar bisa menghasilkan padi. bagaimana dengan limbah padi? limbah padi yang paling dominan adalah jerami & sekam. jerami bisa diberikan ke sapi, sedang sekam dibuat arang sekam untuk media tanaman.

jika di amati di pertanian ala orang desa atau kampung masih biasa dan mungkin sangat biasa. sekian tahun lamanya bertahan dengan sistem yang sama. pengetahuan masyarakat kampung atau pedesaan sangat terbatas. mereka sudah terlalu mainstream dan sulit di ubah. mengapa sulit diubah? ya karena pola pikir mereka sederhana dan monoton. apa mereka tahu tentang ilmu hayati, apa mereka peduli dengan serangkaian penelitian para pakar pertanian, tidak! dan tidak. bahkan termasuk mbahnya dan orang tua saya juga tidak memahami pertanian yang melibatkan teknologi tinggi.

begitu asyik dan sangat menyenangkan tentunya jika kita bisa memetik buah pisang, mangga, rambutan, kelapa, jambu, dan masih banyak lagi dari kebun kita sendiri. pupuk dari hewan peliharaan kita sendiri. belum lagi sayur-sayuran segar yang siap petik dan masak sepanjang hari. apalagi cabe bisa kita hasilkan sendiri tanpa harus beli mahal seribu dapat 1 di pasar.

sistem pertanian terpadu bisa dihadirkan di pekarangan rumah. manfaatkan pekarangan rumah untuk menghasilkan produk pangan yang sehat anti pestisida. apalagi saat ini trend akuaponik sudah menyebar dengan cepat seiring kemajuan teknologi informasi. saya sendiri mengetahui akuaponik dari internet. kemudian mepraktekan untuk membuktikannya. dan hasilnya memang layak dan cocok untuk diterapkan dalam keluarga.

itulah sedikit informasi mengenai sistem pertanian terpadu yang bis saya tuliskan. semoga bisa menambah pengetahuan dan segera bergerak untuk mencoba. dengan mencoba sendiri akan menghasilkan pengalaman yang luar biasa. dari mulai gagal, lalu dicoba lagi dan lagi sampai berhasil.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Filter Kolam Akuaponik

Pengalaman menggunakan Produk Probiotik untuk ikan Lele

Akuaponik