Cara Budidaya Ikan Lele

Ikan Lele adalah jenis ikan yang paling mudah dibudidayakan dibanding ikan yang lain. dengan kondisi air terburuk pun ikan Lele tetap dapat bertahan hidup. apalagi jika menggunakan air yang jernih, ikan Lele bisa tumbuh dengan lebih cepat. ini saya alami sendiri sewaktu mencoba Budidaya Ikan Lele di Akuaponik. dengan sangat lahap ikan lele selalu menyambar setiap di kasih makan. terutama jika dikasih makan Cacing Tanah jenis Lumbricus yang juga saya ternakkan untuk makanan tambahan, bahkan bisa sebagai pakan utama.

Budidaya Ikan Lele memang sangat luar biasa, bisa membuat kita begitu bahagia jika melihat mereka berkecipak saat hujan pelet kita lepaskan dari tangan. apalagi jika sudah diatas piring, bisa lebih bahagia lagi karena perut sudah begitu menanti untuk menyantap lezatnya daging ikan lele. dan jika kita bisa memelihara dalam jumlah yang banyak tentu lebih bahagia lagi. apalagi kalau bukan fulus atau duit yang akan menghampiri kita. Maknyuussss pokoknya.

Cara Budidaya Ikan Lele

ok deh ga usah banyak cing-cong ngalor ngidul. kita langsung menuju ke bagaimana Cara Budidaya Ikan Lele biar mengeruk keuntungan berlipat-lipat. karena itu memang tujuan utama kita.

kolam budidaya ikan lele
banyak anak banyak rejeki itu memang benar. tapi itu dulu, sekarang mah banyak anak susah sendiri :)
akan tetapi dalam dunia Budidaya Ikan Lele dan Bisnis ikan lele, banyak kolam banyak rejeki itu suatu kepastian. dan  kabar baiknya kepadatan ikan lele diatas kepadatan ikan lain dengan ukuran kolam yang sama. disinilah kentungan pertama sudah kita dapat. artinya pekarangan rumah yang nganggur bisa dijadikan mesin ATM.

kolam lele bis beton

kolam terkecil untuk Budidaya Ikan Lele bisa kita bangun menggunakan Bis yang biasa dipakai untuk pembuatan sumur. dan saya menerapkan teknik ini untuk sekala rumah tangga. jadi hampir tiap-tiap ada lahan nganggur saya isi kolam dari bis ini. keuntungannya adalah mudah dalam pengontrolan dan pemanenan ikan lele. pilihan lain bisa menggunakan kolam terpal.

Cara Budidaya Ikan Lele

asyiknya bisa mancing ikan lele di kolam sendiri. stres jadi ilang, dan perut jadi kenyang. he...he...tiap hari bisa makan ikan. mau lele, nila, tombro, mujair, udang...hampir semua ada. dan bisa berbagi sama tetangga dekat.

Pakan Ikan Lele
anda mau makan ikan apa mau makan peletnya? hik's..kok gitu mas masak pelet kita makan. harga pelet saat ini semakin mahal, kalaupun dikasih pelet alternatif tumbuhnya lambat. biaya terbesar Budidaya Ikan Lele memang terletak pada pakan, belum lagi tenaga dan waktu yang kita keluarkan, apalagi jika harus merekrut seorang pegawai. wah bisa bangkrut gulung tikar.

mau tidak mau kita benar-benar harus cerdas dalam menangani masalah pakan ini. kita harus menempatkan pelet bukan sebagai pakan utama. kebetulan bisa disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing. misalanya didekat anda ada pengulahan tahu bisa menggunakan ampas tahu, kedelai, bisa juga limbah sayuran pasar. kebetulan didaerah saya banyak peternakan ayam. banyak ayam yang mati, ini bisa menjadi pakan yang sangat dianjurkan karena dapat mempercepat pertumbuhan ikan lele.

akan tetapi untuk ayam sebaiknya di olah dulu. diinang kecil-kecil supaya rata di konsumsi dan pertumbuhan ikan bisa merata. tidak terjadi perebutan jika hanya diberikan begitu saja. akan tetapi dari pengalaman pribadi saya caing tanah jenis lumbricus memberikan hasil yang paling bagus. cacing ini bisa dibudidayakan dengan sangat mudah dan bisa dikatakan pakannya gratis. dan kelebihan jika kita kasih makanan al;ami adalah kolam tidak bau, tidak seperti pelet yang akan mengeluarkan aroma memuakkan.

ikan lele ketika makan pelet tidak akan sampai kenyang betul, dan mudah bosan, akan tetapi sangat berbeda jika dikasih cacing tanah jenis lumbricus atau cacing merah. mereka akan melahap habis meskipun perut ikan lele sudah kenyang. setelah kenyang dengan perut gendutnya, lele akan lebih berdiam diri. disinilah ikan lele akan mencerna makanan dan terjadi pertumbuhan yang cepat.

Baca Juga: Budidaya Cacing Tanah untuk Pakan Ikan

dengan kita sering memberikan cacing tanah jenis lumbricus ikan jadi lebih sehat dan tahan penyakit. seperti kita tahu cacing mempunyai asam amino yang lengkap dan protein paling tinggi. disinilah kuncinya Gan, pakannya murah bahkan gratis, kolam tidak bau, dan ikan jadi sehat. dan jika kita renungkan lebih jauh memangnya ikan lele di alam makan pelet, enggak kan. mereka memakan ikan yang lebih kecil, cacing air, keong-keongan atau siput. nah kita sebagai peternak harus mampu berpikir keras bagaimana membuat penyediaan pakan alami yang bisa berkelanjutan dalam Budidaya Ikan Lele.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Filter Kolam Akuaponik

Pengalaman menggunakan Produk Probiotik untuk ikan Lele

Akuaponik