Membangun Akuaponik Pekarangan rumah

Kebetulan ruang sebelah barat rumah nganggur, hanya digunakan sebagai gudang. Sebelumnya ruang ini telah mengalami perubahan berulang ulang, dari yang pertama adalah kandang ayam petelur, bebek, dan terakhir dapur tapi terbengkalai karena dapur dipindah ke dalam rumah.

Dari pada nganggur akhirnya muncul ide untuk dibikin tempat akuaponik. Panjang dari ruangan ini 8 meter dengan lebar bagian selatan 2 meter dan lebar bagian utara 4 meter. Ruangan yg memanjang ini karena letaknya sebelah barat rumah maka pencahayaan menjadi kurang. Terutama pada pagi hari. Sinar matahari baru muncul setelah jam 9. Dan pada sore hari sampai jam 4. Total 7 jam sinar matahari menerpa ruangan ini. Mudah mudahan dengan 7 jam penyinaran tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Membangun Akuaponik Pekarangan rumah

Membangun Akuaponik Pekarangan rumah

Sebenarnya sebelah utara rumah ada ruangan menganggur memanjang dari barat ke timur sepanjang 8 meter. Akan tetapi hanya memiliki lebar 1 meter. Taggung sekali karena seukuran itu sinar matahari tidak optimal karena pada musim tertentu sudut sinar matahari berbeda beda sehingga sewaktu posisi matahari agak keselatan, sinar ini terhalangi atap rumah. Dan sewaktu posisi matahari berada diposisi utara sinar akan terhalang pohon pohon kebun tetangga sebelah

Kemungkinan yang paling cocok adalah untuk membuat kolam yang memanjang. Akan tetapi sepertinya kok tabu. Kecuali membongkar rumah bagian belakang. Maklum tinggal di dusun jadi orang tua dulu membangun rumah ukuran besar besar. Akan tetapi cara ini juga terlalu nekat. Belum tentu orang tua setuju.

Sebenarnya halaman depan rumah juga nganggur. Matahari bisa menerpa dari pagi sampai sore hari dengan sempurna. Belum mempunyai gambaran akuaponik untuk depan rumah ini. Karena dipakai untuk parkir kendaraan tamu. Mungkin akan aku buat akuaponik percontohan saja dengan ukuran 1m2

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Filter Kolam Akuaponik

Pengalaman menggunakan Produk Probiotik untuk ikan Lele

Akuaponik