Panen Ikan Akuaponik

Wau....asyik banget, minggu ini bisa Panen Ikan Akuaponik dari Pekarangan Rumah. kebetulan beberapa ikan di Akuaponik sudah besar. ada Lele, Tombro, Graskap, dan tentu saja ikan favorit ikan nila. semua ikan itu aku campur dalam satu kolam Akuaponik. untuk lauk Hari ini aku memilih Tombro dan Graskap saja, karena mereka telah cukup umur untuk di panen.

ikan Tombro atau ikan Mas sangat enak dimasak Bacem, kami sekeluarga biasa memasak ikan ukuran besar untuk dibacem. untuk menambah cita rasa Bacem tambahkanlah daun Jambu Bangkok. jika tidak ada daun jambu bangkok bisa menggunakan daun Pisang, akan tetapi Cita Rasa terbaik tetap menggunakan daun Jambu. daun Jambu ini ditaruh didasar Wajan, kemudian diatasnya baru di taruh potongan-potongan ikan. dengan ara di Bacem daging akan lebih merata rasanya, tidak ada yang seperti mentah ketika digoreng.

Panen Ikan Akuaponik

Panen Ikan Akuaponik


lihat saja ikan Mas diatas, sudah pasrah untuk disantap. ga tega juga sih melihat, tapi apa mau dikata ini perut sudah keroncongan. selain itu aku juga memanen ikan Graskap, ikan yang mirip dengan Bandeng ini akan aku masak bareng ikan Mas. mereka hidup dalam satu kolam tapi akhirnya harus masuk dalam satu wajan. ikan Graskap sebenarnya sedikit menyebalkan dengan adanya duri-duri kecil yang sangat mengganggu ketika disantap. sampai-sampai ga tega kalu anak-anak ikutan makan ikan Graskap.

Panen Ikan Akuaponik

Panen Ikan Akuaponik

akan tetapi ikan Graskap irit sola pakan, kasih rumput saja pasti diembat. yah sangat pas dengan namanya Grasskap (Grass=rumput, kap=ga tau. he...). mungkin untuk mengatasi duri-duri kecil ini bisa dimasak presto seperti bandeng. sedang untuk ikan mas duri-duri kecil tidak separah graskap. sedangkan Nila dan lele tidak terdapat duri-duri kecil.

Panen Ikan Akuaponik

mungkin akan sangat sempurna lagi jika Panen Ikan Akuaponik dari pekarangan rumah ini dibarengi dengan panen bumbu dapur, akan tetapi sayang saya belum ada kesempatan untuk menanam bumbu dapur dalam sistem akuaponik saya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Filter Kolam Akuaponik

Pengalaman menggunakan Produk Probiotik untuk ikan Lele

Akuaponik